PPM#1 (Prinsip"Masak, bukan Prinsip"Manajemen)  

Posted by gaiu in

Sejarahnya gaiu belajar masak itu sudah dimulai sejak jaman dulu kala. Tepatnya pas sd. Awalnya sih gara-gara termakan provokasi ibu yang ga bosen-bosennya nyuruh belajar masak ditambah ama hobi ibu mengklaim (baca : pamer) kalo ibu jago masak. Well, dalam pikiran anak sd, belajar masak itu gak jauh lebih penting dari ngapalin perkalian 1 sampe 9. Daripada bosen dibilangin itu mulu, akhirnya gaiu pikir gak ada salahnya dicoba. Resep pertama yang gaiu bikin waktu itu adalah bikin ager-ager. Sampe sekarang, ada 2 prinsip yang gaiu pegang teguh (tsaah) dalam memasak.
Satu, tak ada rotan, akar pun jadi. Kalo gak ada bahan yang ini, ya bisa diganti ama bahan yang itu. Kalo ditilik lebih lanjut, sebenernya prinsip ini kadang ada untungnya walopun sedikit (kebanyakan ruginya). Untungnya, jadi bikin kita lebih kreatip dalam memanfaatkan bahan-bahan yang ada. Ruginya yaa kaya pas gaiu bikin ager-ager pertama kalinya itu. Berhubung belum boleh make kompor gas sendiri (kan anak sd..), gaiu mutusin buat make air termos. Padahal air termos kan pastinya udah gak sepanas air mendidih. Larutan ager sih tetep jadi, walopun banyak gumpalan disana-sini (wong airnya gak cukup panas). Ager dituang ke cetakan (baca : toples kue; inget prinsip pertama, gaiu ga nemu cetakan pudding waktu itu) trus dimasukin kulkas. Saking antusiasnya, tiap berapa menit gaiu buka kulkas. Sejam, dua jam,,5 jam..itu ager gak beku juga. Pantang menyerah, ager-ager itu gaiu masukin..freezer (iya, ide ini sungguh dodol emang). Apapun akan gaiu lakukan demi membuat ager itu beku. Ironisnya, sampe keesokan dan keesokan keesokan harinya, ager itu gak beku-beku.
Pengalaman pahit dalam masak ga berenti disitu. Gagal bikin ager, gaiu banting setir bikin tahu isi. (nekat pake kompor) Tahu isi dipilih soalnya mengandung sayuran kaya serat dan manfaat, hehe..(ya gak lah, gaiu mana mikir sampe kesitu dulu). Dipilih soalnya bahannya gampang dan gaiu paling yakin bentuk dan komposisi tahu isi kayak apa. (komposisi makanan lain masih absurd waktu itu, hehe..) Berbekal wortel yang dipotong korek ama sedikit toge, kedua sayuran itu trus ditumis ama bawang putih yang udah diulek ama garam. Trus tumisan itu diisiin ke tahu kulit trus digoreng setelah dibalut ama tepung. Selain wanginya yang meyakinkan, penampilannya pun cukup menjanjikan. Tahu isi – yang gak tau rasanya gimana- gaiu tata di piring, dihias-hias, pokoknya ciamik deh. Pas Ibu bangun tidur en ngliat ada tahu isi masih panas di meja, ibu langsung nanya, “Ini tetangga yang ngasih? Siapa? Kapan?”. Hahay,,saking cantiknya itu tahu gaiu hias, ibu aja sampe ketipu, tapi pas dimakan, itu tahu ternyata…gak ada rasanya, anyep tenan pokok’e. Dan tahu isi itu pun semakin memperpanjang catatan kelam gaiu dalam dunia masak, huhu..
Gara-gara kurang ngasih garem pas bikin tahu isi, gaiu jadi belajar lebih berani lagi dalam ngasih bumbu-bumbuan. Pas bikin telor dadar, dengan pedenya gaiu ngasih garam 1 sendok teh penuh sampe menggunung. Udah bisa ketebak gimana itu nasip akhir si telor dadar eksperimen, gak ada yang sanggup makan karena asinnya gak ketulungan. Sempet dicoba dengan dimakan ama kecap, tapi ternyata gak membantu jua. Oke, catatan kelam gaiu di dunia masak bertambah satu.

This entry was posted on 18 Januari 2009 at 23.50 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

4 komentar

ingetin aku untuk ga makan di rumahmu kalo kamu yang masak gay :P

22 Januari 2009 pukul 06.27

Tok Tok Tok...
Jalan2 dari http://bugiakso.com/lomba/peserta/ khusus peserta depok :mrgreen:

Salam Kenal... Oya, ãñÐrî juga blogger depok loh dan ikutan juga lomba yang di Bugiakso...
Oya, support & ikutan http://indonesian-friendship-blogger.co.cc yach... rencana nanti akan merangkul Blogger Depok juga.

nice post, keep share, good luck & CU Arround ;)
ãñÐrî a.k.a http://ndri.info
Salam Perubahan!

25 Januari 2009 pukul 15.54

@ aachan : bener loh ya, awas kalo mpe makan, huh -salam mohe-

@andri : yup, salam kenal juga..

27 Januari 2009 pukul 21.46

hahaha lucunya.. wkkk
tapi gue gapapa kok memakan masakan lo separah apapun rasa dan bentuknya, cause i love you :D

3 Juli 2009 pukul 00.32

Posting Komentar