Hari kedua di Jogja gaiu isi dengan jalan-jalan ke Prambanan bareng ortu dan sepupu. Sampe prambanan, acara berfoto ria dimulai. Bertiga, gaiu dan kedua sepupu gaiu mulai melancarkan virus-virus narsis disana-sini, hehe..Agak menyedihkan memang melihat kondisi candi saat ini pasca gempa Jogja yang terjadi beberapa tahun silam. Di beberapa candi masih dilakukan pemugaran sehingga wilayah untuk para wisatawan dalam melihat-lihat candi menjadi terbatas, akan tetapi hal tersebut tidak menurunkan minat wisatawan untuk mengunjungi kawasan cagar budaya dunia tersebut. Di pintu gerbang, kita akan disambut dengan baliho berukuran besar yang memuat gambar-gambar candi pra dan pasca gempa. Di setiap candi juga diberikan papan informasi mengenai jumlah blok yang rusak dan yang sedang dalam tahap pemugaran. Tidak hanya kerusakan yang terjadi pada struktur candi akibat gempa, fasilitas-fasilitas lain di kawasan candi juga terlihat kurang terawat. Papan yang bertuliskan nama candi dicoret-coret oleh tangan-tangan jahil yang tidak bertanggungjawab. Mungkin pelakunya terlalu kreatif sampai-sampai harus menuangkan kreativitasnya pada papan nama candi. Akan tetapi, berpikirkah ia bahwa perbuatannya dapat mempermalukan bangsa mengingat banyak wisatawan asing yang berkunjung kesana ?
Sepulang dari Prambanan, kita mampir makan di SGPC. Bagi wong yojo kebanyakan pasti sudah tidak asing mendengar nama ini. Sgpc merupakan kependekan dari sego pecel atau nasi pecel. Rumah makan ini letaknya dekat selokan mataram (cmiiw) dan sudah berusia sekitar 50 tahunan. Penyajiannya yang cepat membuat gaiu cukup terkesan. Karena saking larisnya, kita sudah kehabisan lauk di tengah hari, tetapi, kita masih beruntung karena masih bisa mencicipi nasi pecel dan sup. Buat yang berkunjung ke jogja, bolehlah mampir kesini, hehe..*promosi mode on*
Waah, berakhir juga liburan gaiu di Jogja meskipun tadinya masih pengen disini sampai malem taun baru. Tapi gak apa-apa, kota lain masih menunggu untuk disinggahi, dengan sejuta pesona yang tak kalah dari jogja, tsaah.. Selamat berlibur….

This entry was posted on 04 Januari 2009 at 19.24 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar